Spiga

PENGENALAN ASP

ASP merupakan kepanjangan dari Active Server Pages. ASP merupaka suatu bahasa server script (seperti halnya : JSP, Cold Fusion, Perl, dan PHP), yang digunakan untuk menghasilkan halaman-halaman website yang bersifat dinamis. Di Indonesia, sampai saat ini, ASP masih tetap merupakan primadona diantara server script yang lain, walaupun sekarang sudah mulai dijumpai banyak juga programmer-programmer yang mulai menggunakan JSP, PHP dan Cold Fusion.

Disini, sebelum penulis indo-tektips.com memulai pembahasan tutorial kali ini, penulis menggunakan asumsi bahwa para pembaca telah setidaknya mempunyai dasar di HTML. Jika belum, maka penulis menganjurkan untuk membaca bagian lain dari indo-tektips.com tentang Pengenalan HTML untuk para pemula di dunia Internet programming.

Untuk bisa menjalankan ASP di komputer kita, maka terlebih dahulu pastikan pembaca telah lebih dahulu menginstall web server, dimana contoh web server yang mendukung ASP antara lain : Microsoft Personal Web Server (MS PWS) , jika anda menggunakan Windows 9x, atau MS Internet Information Server (MS IIS 4.0, MS IIS 5.0) jika anda menggunakan Win NT atau Win 2000. Jika anda menggunakan Windows 2000, biasanya IIS 5 sudah terinstall secara default. Anda bisa mengunjungi website www.microsoft.com untuk mengdownload Personal Web Server sekiranya komputer anda belum terinstall server jenis ini.

Ok, pada bagian berikutnya akan dijelaskan bagaimana kita bisa memulai programming dengan menggunakan bahasa script ASP ini dengan terlebih dahulu kita mencoba menginstall MS PWS ke OS Windows 9x di komputer anda.

Cara menginstall Personal Web Server :

Jika anda menggunakan Windows 95/98, maka anda bisa memilih untuk menginstall MS PWS (Personal Web Server). Anda tinggal menjalankan program Setup.exe, dan pada saat waktu penginstallasian, penulis menganjurkan anda untuk memilih default tujuan direktori tempat PWS akan diinstall. Biasanya akan diinstall di C:\Inetpub\. Setelah selesai penginstallasian, anda tinggal merestart komputer anda. Setelah itu, anda tinggal menjalankan PWS anda lagi.

Pada saat PWS sedang jalan, anda akan melihat icon kecil disebelah kanan layar bagian bawah. Jika anda ingin menghentikan PWS, anda tinggal double klik icon tersebut, kemudian tinggal klik tombol Stop untuk menghentikan PWS anda.

Sekarang komputer anda telah mempunyai web server sendiri. Langkah berikutnya adalah mengcek apakah PWS anda sudah terinstall secara benar. Caranya adalah :

1. Buka Internet Explorer / Netscape anda !

2. Ketik : http://127.0.0.1/ atau http://localhost/. Jika anda bisa melihat tampilan default dari MS PWS yang baru saja kita install, berarti MS PWS anda sudah terinstall secara benar dan anda siap untuk melakukan coding pertama anda dengan ASP.

Memulai program ASP anda yang pertama

ASP tidak membutuhkan Editor khusus, anda bisa memilih menggunakan editor sederhana seperti Notepad, TextPad, atau program-program editor lainnya yang lebih canggih untuk pembuatan aplikasi ASP anda seperti : CodeCharge, ASP Edit 2000, Drumbeat dan masih banyak lagi yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.

Langkah-langkah untuk Module 1 :

I.
Ketikkan program seperti dibawah ini ke editor text anda :


1.



Module 1 - http://www.indo-tektips.com
<%Response.Write("Hello , Indonesia Jaya ! ")%>




2.
Simpan file sebagai hello.asp ke folder : C:\inetpub\wwwroot\hello.asp

3.
Buka IE anda dan ketikkan : http://localhost/hello.asp.

4.
Selamat ! Ini merupakan halaman web pertama anda menggunakan ASP.




II.
Penjelasan untuk program diatas :



Setiap anda menyisipkan bahasa script ASP ke halaman situs (HTML) anda, selalu dimulai dan diakhiri dengan tanda : <% dan %>. Untuk contoh diatas adalah :
<% Response.Write("Hello, Indonesia Jaya !") %>
Response.Write() merupakan salah satu object dari ASP yang digunakan untuk mencetak baik String (Text) maupun numerik ke layar halaman situs anda. Untuk contoh diatas adalah : <% Response.Write("Hello, Indonesia Jaya !") %>

5.
Ini merupakan Module 1 anda dalam mengenal tentang ASP. Jika anda mengalami kesulitan dalam mempraktekan materi ini, anda bisa melayangkan pertanyaan anda ke forum diskusi ASP kita di Forum Online ASP kita.

Kami meminta kesediaan anda untuk menyempatkan diri mengisi buku tamu kita demi kelanjutan Tutorial yang satu ini.

Sampai jumpa di Module berikutnya, dimana kita akan menggali lebih dalam lagi kegunaan dari bahasa ASP ini. Sampai jumpa : )




0 komentar: